SELAMAT DATANG ...

SELAMAT DATANG DAN BERGABUNG DENGAN BLOG PRIBADI SAYA, MARI BERBAGI INFORMASI DAN PENGALAMAN

Minggu, 27 Juni 2010

Komunikasi Antar Budaya Corporate dan Masyarakat

Persoalan umum yang dihadapi oleh sebuah corporate (investor) di sebuah komunitas masyarakat adalah keterkaitannya dengan masyarakat setempat. Selama ini dikembangkan model CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar. AKan tetapi persoalan yang muncul adalah kerap terjadi benturan antara kedua pihak. Berbagai kepentingan muncul dalam konteks ini sehingga melahirkan sebuah kompleksitas persoalan baru. Hal utama sering terlupakan adalah bagaimana upaya membangun jalinan interaksi intensif antara kedua pihak dengan memperhatikan aspek budaya kedua kelompok. Pada titik inilah diperlukan sebuah konsep Community Relation pada perusahaan dengan menekankan pada aspek perbedaan budaya. Etika dan nilai-nilai yang dibawa perusahaan selama ini harus diimbangi dengan fleksibilitas dalam berkolaborasi dengan etika dan nilai di masyarakat. Ini yang ditekankan pada sisi Community Relation antara perusahaan dan masyarakat. Sayangnya aspek ini sering diabaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar